Get me outta here!

Jumat, 20 Januari 2017

21 Lagu Ending Anime JADUL Ter ‘Nge-Jleb’! #2


Artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya, jika belum membaca artikel sebelumnya silahkan baca di sini! Klik!

21 Lagu Ending Anime JADUL Ter ‘Nge-Jleb’! #1

Di artikel part 1, aku sudah membahas 12 lagu dan 9 lagu sisanya akan kubahas di artikel ini, ok! langsung saja ya! inilah!

21 Lagu Ending Anime JADUL Ter ‘Nge-Jleb’! #2

Catatan :
  1. Lagu yang kubahas hanyalah lagu original bahasa Jepang.
  2. Lagu yang kubahas adalah ost dari anime yang dulu pernah tayang di tv lokal... kebanyakan adalah ost anime shoujo (anime cewek), karena aku cewek dan lebih suka anime cewek.
  3. Anime dari Spacetoon, mungkin tidak masuk dalam list karena dulu rumahku gak ada channel Spacetoon nya.
  4. Artikel ini kubagi dalam 2 part, di sini aku membahas 9 lagu, 12 lagu yang lain telah kubahas di part 1.
  5. Semakin menuju ke angka kecil, semakin “Nge-Jleb” lagu itu (menurut versiku).

Mari kita lanjutkan! Urutan ke 9-1 lagu ending anime jadul terngejleb!


9.  Kitto Ashita Wa (Ojamajo Doremi!).


Kitto Ashita Wa adalah lagu ending dari anime Ojamajo Doremi atau Magical Doremi. Lagu ini dinyanyikan oleh SHUU Saeko.

Walaupun dulu aku tidak terlalu mengikuti animenya, tapi aku suka banget dengan lagu ini... setiap kali lagu ini tayang di tv aku pasti selalu nonton hehe.

Tahun lalu aku menemukan anime Magical Doremi tayang di salah satu channel tv kabel, aku menontonnya dan sangat antusias menunggu anime itu berakhir, agar dapat mendengar ending song nya.... saat lagu ini kembali diputar di tv, itu rasanya kayak... kyaaa... seperti aku kembali tersedot ke masa lalu hahaha.

Setelah sekian lama, aku tidak pernah menyaksikan lagu itu diputar di tv, dan akhirnya aku bisa melihat lagu itu di layar tv, di usiaku yang sekarang.... pasti rasanya ngejleb banget kan?. apalagi dulu saat SD aku lumayan suka dengan lagu ini.

Soalnya untuk anime yang ceria seperti Doremi, bisa memiliki ending song yang sesedih ini... rasanya seperti melihat anime Doremi versi lain... di animenya sendiri aku jarang melihat Doremi dan teman-temannya sesedih itu, seperti yang terlihat di mv nya.


Mungkin karena alasan itulah, aku jadi menyukai lagu Kitto Ashita Wa dan lagu ini masih terkenang sampai sekarang.

Aku suka lagu ini karena musiknya itu menenangkan, suara vocalisnya seperti suara seorang ibu yang menenangkan anak-anaknya #anjir istilah apa ini?! XD.... gambar yang ditampilkan di mv juga menarik, menggambarkan suasana senja yang tenang... membuat lagu Kitto Ashitawa ini semakin sendu.

Kitto Ashita Wa artinya “Hari esok yang Pasti”. Lirik lagunya menceritakan tentang harapan seseorang, dia ingin bertemu dengan dirinya yang baru pada hari esok, dirinya yang sekarang terlalu penakut bahkan untuk sekedar meminta maaf setelah bertengkar dengan temannya. Tapi dia percaya akan berubah suatu hari nanti.

Ini adalah kutipan dari terjemahan lirik lagunya :

Aku ingin mengatasinya seperti ketika kita menginjak bayangan dan bermain,
Aku melompati kerikil, suatu hari nanti.
Aku merasa bahwa aku bisa bertemu diriku yang baru besok,
jadi aku mencoba untuk meluruskan tubuhku walaupun itu hanya 1 milimeter.

Anime Magical Doremi sendiri menceritakan tentang kisah Doremi yang mengunjungi sebuah toko sihir. Tidak sengaja Doremi mengubah pemilik toko yang bernama Majorika menjadi kodok sihir. Untuk bertanggung jawab Doremi harus menjadi penyihir dan meningkatkan ilmu sihirnya... bersama kedua temannya Hazuki dan Aiko, Doremi memulai petualangan yang baru sebagai seorang penyihir.

Berikut lagunya





8. Ne Nande (Trouble Chocolate).


Ne Nande dinyanyikan oleh Yoshizawa Rie, merupakan lagu ending dari anime Trouble Chocholate yang dulu pernah ditayangkan di TV7 setiap hari Minggu jam setengah satu siang.

Dulu lagu ini bahkan sudah disulihsuarakan ke dalam bahasa Indonesia... dan menurutku Ne Nande merupakan ost anime paling galau yang pernah disulihsuarakan..... aku pernah lihat kan, video lagu ini yang versi Indonesia di youtube... kebanyakan orang-orang pada komen kalau mereka sedih, galau, lagu ini menyentuh.

Yah aku juga merasakan itu sih... dulu aku suka banget sama lagu ini, walaupun aku sedih saat mendengarkannya... sebagai ost anime, lagu ini lebih bagus daripada lagu-lagu orang dewasa yang ngetrend pada saat itu... padahal kan ini cuma lagu yang disulihsuarakan, tapi entah mengapa kok lagunya bisa sebagus ini, seakan benar-benar digarap dengan serius... vocalisnya begitu menghayati.

Jujur saja sebenarnya aku lebih suka dengan lagu Ne Nande yang versi Indonesia, soalnya aku lebih dulu kenal yang itu, jadi begitu membekas... walaupun lagu yang versi Jepang gak buruk juga sih... tetap saja bikin galau saat mendengarkannya.


Anime Trouble Chocolate sendiri menceritakan tentang Kakao yang menemukan seorang gadis cantik di sebelahnya, saat dia bangun tidur. Gadis itu bernama Hinano. Hinano adalah seorang peri yang terperangkap dalam tubuh boneka kayu. Akhirnya Hinano ikut tinggal serumah dengan Kakao. Sejak saat itu banyak hal-hal aneh yang terjadi, seperti banyak monster yang muncul di kota. Hinano dan Kakao terpaksa menghadapi masalah-masalah itu. Aku suka anime ini karena kocak dan banyak fanservicenya hahaha.

Di dalam mvnya di akhir anime Trouble Chocolate.... menampilkan Hinano yang sedang duduk terdiam di sebuah ruangan yang sepi di tengah hari hujan.... lalu di bagian akhirnya itu Hinano meneteskan air mata... diiringi dengan lagu yang sedih dan warna musik yang mellow, siapa sih yang gak pengen nangis kalau ingat tentang lagu Ne Nande?.... ah masa kecilku!.

Aku sampai sekarang tu masih kepikiran lho, kok lagunya sedih ya? mvnya sedih ya?... padahal di animenya saja Hinano jarang nangis... pengen rasanya aku memeluk Hinano hahaha.

Hal-hal itu membuat lagu Ne Nande begitu ngejleb di hati... dan akhirnya aku download yang versi Jepangnya... yang membuat lagu ini ngejleb di hati itu ya... warna suara vocalisnya, warna musiknya dan ilustrasi di mv bagian akhir animenya... semuanya menampilkan hal yang sendu.

Ne Nande artinya “Tapi Kenapa?”. Dalam lirik lagunya menceritakan tentang kekecewaan seseorang yang tidak bisa membalas kebaikan dari pasangannya... dia terus bertanya kepada dirinya sendiri, tapi kenapa? kenapa tak pernah bisa kulakukan semua? T_T.


Oh iya, aku pernah baca terjemahan Inggris dari lirik lagu Ne Nande... tapi kok artinya gak se “ngejleb” lirik lagu yang versi Indonesia ya?... sepertinya yang versi Indonesia itu, ada beberapa kata di dalam liriknya yang sengaja dirubah... dan hal itu malah membuat lagu Ne Nande versi Indonesia semakin dalem dan mantab jiwa! kerenlah!.

Di lagu Ne Nande versi Jepang, aku paling suka di bagian lirik :

Mou sukoshi dake jiyuu ni shite ki ni shinai de ii yo... itsu datte tayotte itatte sou omotte iru no kana

Artinya : sedikit lagi, jangan ragu dan tak perlu khawatir... aku ingin tahu apakah kamu berpikir aku selalu tergantung padamu.

Ini lirik versi Indonesianya :

Dicintai oleh dirimu, bagai lukisan senja di sore hari.
Setiap kali aku sedang berduka, kau pasti yang selalu menghiburku.
Di saat aku berjalan sendirian, kau selalu ada di belakangku.
Walaupun kadang kusakiti dirimu, kau diam dan tetap mendampingiku.
Katakanlah sesuatu pada diriku.
Andaikan aku mampu melakukannya.
Pasti akan kubalas kebaikanmu itu, pasti akan selalu kulindungi dirimu.
Tetapi kenapa, tapi kenapa? tak pernah bisa kulakukan semua.

Berikut lagunya





7. Dakishimetai (Super Gals). 


Dakishimetai merupakan ending song dari anime Super Gals yang dulu pernah ditayangkan di Global TV setiap hari Minggu, sekitar jam 7 pagi. Lagu ini merupakan salah satu lagu dari Jungle Smile.

Anime Super Gals menceritakan tentang Ran Kotobuki, seorang Gal terkenal di Shibuya. Gal itu Gyaru, tau kan? Gyaru mengacu pada perempuan yang fasionable, memakai make up model terkini dengan rambut dicat pirang keemasan. Ternyata sejak SD aku sudah dikenalkan apa itu gyaru melalui anime Super Gals.

Sebagai seorang Gal, Ran biasa hidup bersenang-senang seperti makan, bermain dan belanja. Besama sahabatnya Miyu dan Aya, Ran menghadapi berbagai hal setiap harinya, salah satunya masalah percintaan. Tapi Ran itu agak oon kalau sudah berhubungan dengan masalah cinta. Ran berasal dari keluarga polisi, dia punya tekat yang kuat untuk melindungi kota Shibuya yang dicintainya.


Di dalam animenya, Ran ditampilkan selalu ceria dan urakan. Tapi di mv bagian akhir anime, Ran ditambilkan lebih kalem, seakan berbalik 180 derajat. Itulah yang membuat lagu Dakishimeta tambah menarik.

Di dalam mv tersebut juga ditampilkan suasana kota yang mendung dan sedang turun hujan. Ran, Miyu dan Aya juga ditampilkan membawa payung di tengah hari hujan di mv itu. Hal tersebut benar-benar membuat lagu Dakishimetai semakin ngejleb.

Dari dulu aku suka dengan lagu ini, bahkan sampai sekarang masih sering kudengarkan dan kunyanyikan... karena kupikir lagu ini tidak ketinggalan jaman, masih enak saja untuk didengarkan. Alunan musik yang indah, suara penyanyinya yang berkarakter membuat lagu Dakishimetai tak terlupakan!

Aku tambah sedih, saat melihat mv aslinya di youtube. Di situ emosi penyanyinya benar-benar keluar pada saat bernyanyi. Menambah rasa pada lagu Dakishimetai. Aku tambah nyesek lagi saat tau terjemahan dari lirik lagu Dakishimetai.

Dakishimetai bisa diartikan “Aku Ingin Kita Berpelukan”. Lirik lagunya menceritakan tentang seorang yang pendiam, dia iri melihat temannya yang lebih populer, lebih imut dan kuat darinya. Dia merasa dirinya tidak berguna dan tidak ada yang membutuhkannya. Tapi sebenarnya dia ingin berteman dengan orang itu, yang lebih populer darinya. Dia ingin bisa memeluknya saat orang itu merasa sedih.

Ini adalah kutipan dari terjemahan lirik lagunya :

Hey, aku juga takut dan sendirian. Sengsara dengan kelemahanku. Jika aku punya keberanian lebih… Aku ingin memelukmu.

Berkhayal saja dan kamu tidak akan sendirian. Tutup telingamu dan lihat dengan hatimu. Lihat, siapa yang akan menangis hari ini?. Seperti angin, aku akan menyelimutimu.

Berikut lagunya





6. Futari (Kindaichi Shounen no Jikenbo).


Futari adalah ending song pertama dari anime Kindaichi Shounen no Jikenbo atau Detective Kindaichi. Anime yang dulu pernah tayang di TV7, setiap hari Senin sampai Jumat jam setengah tiga sore. Futari dinyanyikan oleh Tomosaka Rie. Ingat! Futari lho ya, jangan coba-coba menyelipkan “na” diantara “ta” dan “ri” wkwkwkwk.

Anime Detective Kindaichi menceritakan tentang siswa SMA bernama Kindaichi yang kerap membantu polisi dalam memecahkan berbagai kasus. Kasus yang ditampilkan di anime ini lebih berat daripada kasus yang ada di anime Detective Conan... katanya sih. Dan seperti anime Detective pada umumnya, di situ ada Kindaichi pasti ada aja orang yang meninggal secara tidak wajar.

Di dalam mv Futari di anime Detective Kindaichi... memperlihatkan setting tempat yang bermacam-macam.... seperti di tepi sungai, di dalam lift yang sedang turun memperlihatkan suasana kota dari atas, di stasiun, di dalam kereta, di pinggir jalan, di terowongan, di tangga, dan di taman... semua tempat-tempat itu benar-benar digambar dengan sangat baik, seakan membentuk sebuah alur cerita... menjadikan lagu Futari menjadi semakin hidup.

Ada dua anak kecil yang ditampilkan di dalam mv itu.... yang satu perempuan, yang satu laki-laki... anak laki-laki itu tampak cuek dengan anak perempuan, yang tampaknya memperhatikannya lebih... anak perempuan itu selalu mengikuti anak laki-laki tersebut. Di dalam mvnya juga ditampilkan peran seorang ibu dalam menjaga anak-anaknya yang masih kecil. Seperti ibu yang menggendong anaknya dan ibu yang menggandeng anaknya di stasiun.


Semua hal yang ditampilkan di mv Futari begitu indah dan menyentuh hati sehingga sulit terlupakan... dulu kupikir, kenapa sih? orang-orang yang muncul di mv tersebut kebanyakan bukan orang yang muncul di animenya?... ilustrasi di mv Futari seperti menggambarkan rutinitas sehari-hari dari dua anak kecil itu... dan justru itulah daya tariknya, membuat lagu Futari dan mv nya tak terlupakan.

Dulu rasanya sedih banget saat melihat lagu ini diputar di tv, karena itu artinya aku harus menunggu besok lagi untuk melihat anime ini.

Lagu Futari sendiri merupakan tipe lagu yang menenangkan jika dilihat dari warna musiknya, selain itu yang membuatku tambah suka dengan lagu Futari adalah suara penyanyinya yang khas.

Futari artinya “Kita berdua”. Lirik lagunya agak ambigu, gak ngerti juga... apakah aku yang tidak bisa menerjemahkannya?. Intinya di dalam lirik lagu itu, menceritakan tentang dua orang yang sedang bersama, mereka merasa senang tapi waktu begitu cepat berlalu. Salah satu dari mereka begitu percaya pada pasangannya, bahkan dia berpikir bahwa pasangannya bisa menjadi pelindung dan dia berpikir bahwa dia masih ingin bersama-sama dengan pasangannya lagi.

Ini adalah kutipan dari terjemahan lirik lagunya :

Aku pikir aku ingin bersama.
Dua orang yang bersinar.
Karena dua orang itu jauh.
Antara aku dan kamu masih.
Aku menyukainya bahkan lebih.

Berikut lagunya





5. Find The Way (Gundam Seed).


Find The Way adalah ending ke tiga dari anime Gundam Seed yang dinyanyikan oleh Mika Nakashima. Lagu ini begitu menyentuh dan menyayat hati. Argh!.

Bagaimana tidak? bagian intronya saja sudah menyayat-nyayat hati, aku suka permainan piano di dalam lagu ini... selain itu suara Mika Nakashima yang khas semakin membuat lagu Find The Way sempurna.

Apa ya? aku suka lagu ini karena.... sedih banget, enak didengarkan kalau lagi galau... musiknya itu benar-benar indah tapi sedih.

Tambah sedih lagi kalau aku melihat mv Find The Way di anime Gundam Seed. Mv itu menampilkan Gundam dan seluruh karakter di anime Gundam Seed, semua ditampilkan seolah mereka baik-baik saja dan damai... padahal anime Gundam Seed itu kan penuh dengan gejolak dan perang.


Lagu Find The Way dimainkan dengan ilustrasi yang seperti itu membuat perasaan ini semakin sedih.

Find The Way artinya “Menemukan Jalan”. Aku tidak terlalu yakin, lagu ini menceritakan tentang apa. Tapi aku berusaha menerjemahkan liriknya, menurutku lagu ini menceritakan tentang sebuah keadaan yang sangat buruk, yang dialami oleh seseorang. Kupikir orang itu sedang mengalami kesedihan yang luar biasa, sampai seseorang bertanya padanya “kenapa kamu dengan tangan kecilmu, mencoba memikul semua luka itu di punggungmu?”. Seakan tidak ada cahaya di tempat itu, tapi orang-orang itu percaya bahwa mereka akan menemukan jalan untuk menuju cahaya.

Ini adalah kutipan dari terjemahan lirik lagunya :

Kau berkata, “Aku bermimpi panjang, itu adalah mimpi yang sangat menyedihkan, tapi apa yang aku lihat tak sedikit pun samar”.

Aku berkata, “Menangislah, karena aku akan ada di sisimu apapun yang terjadi”. Apa yang aku inginkan adalah tangan, tangan yang bisa mencapai ku.

Anime Gundam Seed menceritakan tentang perang antara pihak OMNI dan ZAFT. Aku lupa kenapa mereka berperang. Mereka berperang dengan menggunakan mobile suit Gundam. Kira si chara utama, masuk dalam pihak OMNI dan menjadi pilot salah satu gundam. Ternyata salah satu teman lama Kira, yang bernama Athrun Zala masuk dalam pihak musuh (ZAFT). Tapi walaupun harus melawan temannya, Kira tetap berada di pihak Bumi untuk melindungi teman-temannya dan orang-orang lain.

Dulu aku kurang mengikuti anime Gundam Seed. Nontonnya saja telat, ditambah lagi aku kurang suka dengan tipe anime mecha, soalnya kadang jalan ceritanya terlalu sulit dicerna bagi otakku hahaha.


Aku nonton anime Gundam Seed, untuk melihat para cowoknya yang ganteng dan ceweknya yang sexy hahaha. Aku malah lebih tertarik dengan kisah percintaan di anime Gundam Seed daripada jalan ceritanya secara keseluruhan.

Aku masih ingat, Athrun ditunangkan dengan Lacus Clyne, tapi Lacus Clyne malah menyukai Kira. Athrun sendiri malah menyukai Cagalli Yula Athha. Cagalli itu kayaknya orang yang penting, mungkin seorang tuan putri. Dia pernah akan dinikahkan dengan seseorang, orang itu mau menikah dengan Cagalli demi memperoleh kekuasaan, tapi rencana itu digagalkan oleh Athrun di seri Gundam Seed Destiny. Di seri GSD juga ada Stella, dia itu imut banget. Stella adalah seorang pilot gundam, yang merupakan hasil rekayasa genetika. Tingkah Stella kadang seperti anak kecil dan dia sangat menyukai Neo, kalau gak salah Neo itu musuh dan dia selalu memakai topeng. Dan sepertinya Stella juga pernah dekat dengan Shinn chara utama di anime GSD.

Aku masih hapal dengan kisah percintaan di anime Gundam Seed dan GSD, tapi kalau aku disuruh menyebutkan nama-nama gundam di anime ini, aku angkat tangan hahaha.

Berikut lagunya





4. Hajimari no Hi (DNAngel). 


Hajimari no Hi merupakan lagu ending kedua dari anime DN Angel, yang dinyanyikan oleh Minao. Lagu ini begitu menyentuh karena suara Minao sangat imut, dia menyanyikan lagu yang sedih... jadi tambah down mendengar lagu ini.

Anime DN Angel sendiri menceritakan tentang Daisuke Niwa, yang bisa berubah menjadi Dark, seorang malaikat hitam. Dark bertugas mencuri benda-benda seni yang memiliki kekuatan jahat di dalamnya. Anime ini juga diselingi dengan kisah percintaan antara Niwa, Riku, Dark dan Risa. Anime DN Angel merupakan anime pertama yang mengenalkan hal-hal yaoi padaku hahaha.

Hajimari no Hi bisa diartikan “Awal Hari”. Lirik lagunya itu sedih banget, menceritakan tentang seseorang yang kehilangan dirinya sendiri, dia pesimis tentang apa yang akan terjadi... dan tampaknya juga skeptis pada orang-orang di sekitarnya. Tapi orang itu tetap menerima kesedihannya dan tetap melangkah melalui pagi.

Ini adalah kutipan dari terjemahan lirik lagunya :

Jika kita setidaknya bisa bertemu dalam mimpi.
Tak seorang pun akan mengabulkan keinginanku.
Aku bahkan tidak tahu bagaimana untuk memberitahumu.
Aku berhenti hari ini juga.
Tidak seorangpun mengerti.
Hilang, aku tidak memiliki sebuah tujuan hari ini, satupun.
Tidak ada seorang pun yang akan membuat impianku menjadi kenyataan.
Aku bahkan tidak bisa berjalan.
Tapi tetap, aku mulai untuk bergerak melalui pagi.

Mv Hajimari no Hi di anime DN Angel, gambarnya sama dengan ending pertamanya... hanya lagu nya saja yang diganti. Mv tersebut hanya memperlihatkan Risa dan Riku. Aku merasa sedih saat mendengarkan lagu ini dan membaca terjemahannya.... karena aku selalu berpikir bahwa lagu ini ditujukan untuk Risa, entahlah.


Kurasa Risa itu adalah karakter yang paling kesepian di anime DN Angel, walaupun kadang dia terlihat ceria tapi kurasa itu hanya untuk menutupi kesedihannya. Awalnya Risa disukai oleh Niwa, tapi akhirnya Niwa malah jadian dengan Riku saudara kembar Risa... seakan Risa itu hanya seperti tokoh buangan, jadi aku sedih memikirkan dia wkwkwk.

Dan lagu Hajimari no Hi ini, sepertinya cocok banget menggambarkan Risa dan perasaannya... mungkin.

Jadi aku tambah sedih saat mendengarkan lagu ini.... rasanya bener-bener nge jleb lah! Hajimari no Hi memiliki warna musik yang tenang dan slow.... enak banget untuk didengarkan sebagai lagu pengantar tidur, apalagi ditambah dengan suara vocalisnya yang imut dan lembut. Membuat lagu ini semakin tak terlupakan.

Berikut lagunya





3. It's Gonna Rain (Rurouni Kenshin).


It's Gonna Rain adalah lagu ending ke lima dari anime Rurouni Kenshin atau Samurai X, yang dinyanyikan oleh Bonnie Pink. Samurai X pertamakali tayang di SCTV, pernah juga ditayangkan di RCTI, TransTV dan Global TV, tapi sekarang menghilang entah kemana T_T.

SCTV itu yang paling mantap dalam menayangkan anime Samurai X, karena anime tersebut ditayangkan sampai tamat. Sayang waktu itu, aku masih kecil jadi aku belum tertarik untuk mengikutinya. Selain itu katanya ost anime Samurai X ditayangkan secara lengkap di SCTV berbeda dengan TV lainnya yang hanya menayangkannya sepotong saja.

Samurai X menceritakan tentang Kenshin Himura yang mempunyai masa lalu yang gelap sebagai Hitokiri Battousai, seorang pembunuh legendaris. Namun setelah itu Kenshin memutuskan untuk tobat, dia bertemu dengan Kaoru dan tinggal di rumahnya. Kenshin berjanji tidak akan membunuh lagi, bersama teman-temannya Kenshin bertekat untuk membantu orang yang lemah. Tapi musuh-musuh di masa lalu mulai bermunculan.


Selama penayangannya ,Samurai X memiliki 3 lagu opening dan 7 lagu ending, yang semuanya itu tidak ada yang jelek! semua ostnya ngeri-ngeri!... masih enak saja didengarkan di masa sekarang, sama sekali gak ketinggalan jaman. Aku heran, kok dulu bisa sih anime ini memilih lagu yang bagus-bagus semua?. Haha.

Dari semua lagu endingnya, yang menurutku paling nge jleb itu adalah lagu It's Gonna Rain. Soalnya lagu ending lainnya mempunyai warna musik yang lebih semangat. Menurutku lagu It's Gonna Rain adalah lagu paling slow diantara lagu ending yang lain. Jadi gampang bikin ngejleb di hati.

Selain itu mv It's Gonna Rain di anime Samurai X, benar-benar bagus dan bisa membuat imajinasiku melayang tinggi, memikirkan kenangan tentang hujan. Mv tersebut menggabungkan gambar anime dan gambar nyata di berbagai tempat tertentu. Dari gambar-gambar yang dimunculkan di dalam mv, terangkai sebuah cerita tentang hujan. Dari awal terbentuknya awan mendung, gerimis, sampai hujan yang menjadi lebih lebat semuanya ada di situ.

Dan setting tempat yang ditampilkan itu, benar-benar mendukung suasana dari lagu ini.  Gambar di mv tersebut seakan memberikan pesan seperti ini :

Awan mendung dan kabut mulai menyelimuti gunung, sebentar lagi akan turun hujan. Burung-burung berterbangan mencari tempat berlindung, suasana kuil yang sunyi, orang-orang di sana sedang berada di tengah pepohonan yang rimbun, sekaligus menakutkan. Langit yang mendung membawa sedikit perasaan cemas.

Hujan pun turun, orang-orang menanggapinya dengan caranya masing-masing. Apakah itu dengan berteduh atau berdiri di tengah hujan. Tapi semuanya tetap sama, semua menatap hujan dan termenung, seolah merasa bersyukur atas turunnya hujan. Mereka sejenak menghentikan aktivitasnya dan menikmati hujan. Hujan yang turun di langit sore yang masih cerah, perlahan mulai menjadi lebat dan membuat warna langit menjadi lebih gelap. Patung di kuil juga basah karena hujan, wajah mereka terlihat senang, menyambut berkah yang turun dari langit melalui hujan. Melupakan semua masalah, hujan membuat jarak diantara kita semakin dekat. Kenangan lama pun muncul karena hujan, tentu saja itu adalah kenangan yang indah. Hujan menciptakan genangan air di jalan dan membuat jembatan yang kokoh tampak kesepian.

 
Weeee!! akhirnya perasaanku ini sudah kuungkapkan!!... dari dulu aku selalu baper saat melihat mv It's Gonna Rain di anime Samurai X, itu seperti ada perasaan nyesek yang ingin sekali kuungkapkan. Akhirnya sekarang perasaan itu sudah bisa kutulis, yang diatas itu hanya ngarang bebas lho, aku menulisnya berbekal melihat mv It's Gonna Rain yang durasinya hanya sekitar dua menitan itu.

Entahlah aku punya rasa sendiri dengan lagu dan mv It's Gonna Rain di anime Samurai X tersebut. Sejak SD aku sudah merasa bahwa ini kok lagunya bagus ya? kok gambar di mvnya itu bikin galau ngena banget. Karena alasan itulah membuat lagu ini begitu berkesan dan tak terlupakan sampai sekarang. Pokoknya aku suka banget sama mvnya.

Lagu dan mvnya mengingatkanku... saat aku sedang berteduh dari hujan di suatu tempat, hujan itu turun pada sore hari yang masih terang, tetesan hujan membelah cahaya di langit sore itu. Aku tidak bisa berbuat apa-apa, kecuali hanya melihat hujan yang membasahi banyak hal yang ada di depanku. Dan aku hanya bisa menunggu hujan reda. Seakan aku jadi ingat suasana seperti itu saat aku mendengarkan lagu It's Gonna Rain dan melihat mv nya di anime Samurai X. Dalem!.

Tapi di luar itu semua sih, aku juga suka dengan warna musik yang ditawarkan di lagu It's Gonna Rain. Musiknya unik, ketukan drumnya, suara terompet dan suara penyanyinya juga sangat berkarakter... ditambah lagi dengan kata Chao Chao yang ada di liriknya. Membuat lagu ini tidak bisa dilupakan begitu saja. Dulu kukira Chao Chao yang dimaksud itu adalah kupu-kupu, karena bahasa jepangnya kupu-kupu itu chouchou. Ternyata dalam terjemahan lirik lagunya, kata Chao itu ya Chao aja, gak ada artinya.

Lagu It's Gonna Rain artinya “Akan Turun Hujan”. Lirik lagunya menceritakan tentang seseorang yang sangat membenci hujan. Dia pikir hujan selalu merusak kesenangannya, jadi dia menyalahkan hujan atas semua yang terjadi. Tapi hujan telah membuatnya dekat dengan seseorang yang sebelumnya sempat menjauh darinya. Apakah ini juga kesalahan dari hujan?.

Ini adalah kutipan dari terjemahan lirik lagunya :

Sudahkah hujan menghapus alibinya?.
Apakah dia sudah lupa?.
Apa kami berdua akan cocok?.
Mari kita salahkan hujan atas semua ini.

Berikut lagunya





2. YOU (Aka-Chan to Boku).


You adalah ending song dari anime Aka-Chan to Boku atau Baby and Me. Lagu ini dinyanyikan oleh Sachiko Kumagai. Lagunya sedih apalagi di bagian reff, walaupun di bagian itu hanya mengandung kata “its you dan I love you” doank, tapi bagian tersebut benar-benar dalem, dinyanyikan dengan penuh penghayatan.

Kamu yang dulu pernah nonton anime Baby and Me, pasti setuju bahwa lagu ini sedih banget. Musiknya pelan dan mellow mendayu-dayu, dengan suara vocalis yang khas, ditambah ilustrasi di mvnya.... perpaduan yang bagus untuk membuatmu menangis.

Anime Baby and Me dulu pernah ditayangkan oleh TV7 setiap hari Sabtu jam dua siang. Aku suka banget anime ini karena lucu, tapi kadang juga bikin nangis sih. Anime tersebut menceritakan tentang Takuya, anak SD yang terpaksa membantu ayahnya mengurus adiknya yang masih balita, karena ibu Takuya sudah meninggal dunia. Jadi di keluarga itu hanya ada Takuya, Ayahnya dan Minoru, adik Takuya. Sedihlah membayangkannya... anak SD sudah harus melakukan tanggung jawab sebesar itu, kadang-kadang Takuya juga harus melakukan pekerjaan rumah tangga sehingga tidak ada waktu untuk bermain. Anime ini menceritakan keseharian keluarga Takuya dan kelucuan Minoru.


Dalam mv You di akhir anime, diperlihatkan Takuya sedang membuka album foto untuk mengenang masa lalu... saat keluarganya masih utuh. Diiringi dengan lagu You yang sesedih itu, siapa sih yang gak pengen nangis kalau ingat lagu ini?.

Kalau mendengarkan lagu You, aku jadi ingat salah satu episode di anime Baby and Me... di episode itu, Minoru bertengkar dengan Takuya. Akibatnya Takuya tidak mau pergi ke pertunjukan seni Minoru, padahal ayah Minoru juga sedang tidak bisa datang. Minoru sangat sedih, dia sampai tidak mau menari. Lalu Takuya baru menyadari sesuatu, dulu saat ibunya masih ada, Takuya begitu senang saat ibunya datang ke pertunjukan seninya. Tapi sekarang gak ada yang datang ke pertunjukan Minoru, Minoru pasti sangat sedih apalagi dia masih balita. Akhirnya Takuya datang ke pertunjukan seni Minoru. Minoru sangat senang sampai menari kegirangan sambil menangis.

Hweee... aku sudah nonton episode itu beberapa kali tapi aku tetap menangis sesenggukan T_T. Saat mendengarkan lagu You, aku jadi ingat episode itu... jadi sedih banget.


 
Oh ya... pernah suatu ketika, saat itu aku sedang mengerjakan tugas kuliah, sambil mendengarkan lagu-lagu anime. Saat sampai di lagu ini, aku yang tadinya serius mengerjakan tugas, jadi berhenti sesaat gara-gara lagu ini... aku berpikir, kok lagunya gini banget sih? lagunya bikin deg deg ser banget hahaha.

Lagu You atau Kamu, Liriknya mengajarkan kita untuk tetap tersenyum, walau dalam kesedihan dan keterpurukan. Karena saat mendapat kesulitan, kebahagiaan juga ada di dekatnya. Dan orang yang mengajarkan semua itu adalah KAMU.

Ini adalah kutipan dari terjemahan lirik lagunya :

Ketika mendapatkan rasa sakit.
Tidak apa-apa untuk bertingkah seperti anak kecil untuk sesekali.
Orang yang mengajarkanku tentang itu adalah.
Ah ~ itu kamu.
Ah ~ aku mencintaimu.

Berikut lagunya





1. Kaze no Mahou (Popolocrois). 


Lagu Kaze no Mahou adalah lagu ending dari anime Popolocrois atau Popolocrois Monogatari. Lagu itu dinyanyikan oleh Fumi Oto. Menurutku Kaze no Mahou adalah lagu anime jadul yang paling ngejleb, karena aku punya kenangan dengan lagu ini.

Popolocrois pertama kali tayang di SCTV, tayangnya di waktu sore. Lalu pernah juga ditayangkan di Indosiar di pagi hari. Anime Popolocrois menceritakan tentang Pangeran Pietro yang setengah manusia dan setengah naga dari kerajaan Popolocrois. Setelah musuhnya, Gami Gami mencoba untuk mengambil alih Kerajaan, seorang gadis misterius bernama Hyuu muncul di hutan dekat Kastil Popolocrois. Itu merupakan awal dari sebuah petualangan Pietro, teman penyihir nya Narcia, dan teman Pietro yang lain.

Aku lupa alur cerita dari anime ini, soalnnya dulu aku kurang mengikutinya. Kakakku yang sering menonton anime ini. Tapi aku suka dengan ost anime ini, baik openingnya ataupun endingnya. Terutama endingnya, karena mvnya benar-benar membuatku sedih.

Di dalam mv memperlihatkan seekor naga kecil yang baru menetas dari telur, yang dirawat oleh seorang wanita. Sampai sekarang aku masih tidak tau siapa wanita itu, aku selalu beranggapan mungkin itu adalah ibunya Pietro, tapi gak tau juga sih.

Bayi naga itu dirawat dengan penuh kasih sayang, bahkan diajari cara berjalan. Tidak terasa naga itu telah tumbuh dewasa dan harus pergi meninggalkan wanita yang merawatnya. Dulu aku menonton video itu saat kelas satu atau dua SD. Dan aku sangat sedih, kenapa naga itu harus berpisah dengan si wanita?. kenapa naga itu tidak kecil aja terus, agar tidak menjadi dewasa dan pergi meninggalkan wanita itu?. Dulu aku terus bertanya-tanya.


Mv lagu Kaze no Mahou di anime Popolocrois adalah video satu setengah menit, tersedih yang pernah ditayangkan di tv dan yang pernah kutonton pada waktu itu. Aku sulit melupakannnya. Sekarang saat aku kembali melihat mv itu, rasanya aku seperti kembali melihat masa kecil yang menyedihkan.

Dulu di mataku naga itu begitu kecil dan menggemaskan, sang wanita walaupun wajahnya tidak terlihat tapi menurutku dia adalah wanita yang penuh kasih. Dulu saat melihat mv nya di tv, di bagian dimana jari sang wanita menggandeng kedua tangan naga untuk membantunya berjalan... aku juga ikut-ikutan menempelkan kedua jariku di layar tv untuk membantu bayi naga berjalan. Kenangan itu benar-benar T_T, hwaa aku suka naga itu! naga yang pesek dan imut.... saat dewasa dia tidak terlihat menggemaskan.

Aku ingin melihat kelanjutan dari mv itu, yang memperlihatkan naga kecil hidup bahagia dengan si wanita. Tapi itu tidak mungkin.

Lagu Kaze no Mahou, mempunyai warna musik yang slow dan sangat menyentuh. Suara vocalisnya juga imut. Membuat mv di bagian akhir anime Popolocrois semakin hidup. Aku sempat melihat mv versi aslinya, ternyata penyanyi lagu ini, Fumi Oto benar-benar mempunyai wajah yang imut. Dia menyanyikan lagu Kaze no Mahou sambil tersenyum, di sepanjang lagu. Benar-benar menyentuh! padahal video klipnya itu terlihat sederhana, tapi karena Fumi Oto selalu tersenyum itu mempermanis segalanya.

Saat dia mengucapkan kata pertama dalam lirik lagu Kaze no Mahou, perasaanku sudah ngejleb banget, karena terbawa kesedihan di masa lalu.

 Hanya Ilustrasi Jon!

Kaze no Mahou artinya “Sihir dari angin”. Lirik lagunya agak ambigu sih. Intinya menceritakan tentang seseorang yang bersyukur, bisa bertemu dengan orang yang dikasihinya, dia berharap agar bisa terus memegang tangannya, dia tidak mau berpisah dengannya. Untuk itu dia ingin memulai perjalanan baru dengan orang itu, walaupun itu harus menyeberangi surga dan menuju pintu mimpi melalui suatu tempat dalam pelangi. Karena dia yakin bahwa angin akan membantu dia dengan kekuatan sihirnya.

Ini adalah kutipan dari terjemahan lirik lagunya :

Angin mengumpulkan pertemuan, perpecahan dan perasaan tidak terjangkau,
Dan membawa mereka dengan baik, itu sihir.
Sekarang, aku percaya takdir itu ada.
Naik di waktu berangin, mari kita menyeberangi surga,
Di suatu tempat di pelangi yang mengarah ke pintu mimpi.

Berikut lagunya



Dan akhirnya! aku selesai membahas 21 Lagu Ending Anime JADUL Ter ‘Nge-Jleb’! hwaaa! Apa ini?! perasaan ini begitu melegakan.... aku ingin menangis! T_T

Kesedihanku sejak jaman SD gara-gara lagu-lagu tersebut, yang tidak hilang bahkan sampai sekarang.... aku sudah berhasil menuliskan semuanya di artikel ini, aku bersyukur.

Gara-gara menulis artikel ini, aku jadi mencari artinya satu-satu. Aku sekarang paham lagu-lagu itu menceritakan tentang apa, aduh aku lega... dulu sepertinya aku agak berat memikirkan lagu-lagu itu gara-gara tidak tau artinya apa.

Selama ini saat mendengarkan lagu-lagu tersebut, selalu ada perasaan yang mengganjal... sedikit kesedihan. Bahkan kadang aku malas untuk memutar beberapa lagu di atas secara full, karena aku tidak kuat dengan perasaan itu hahaha. Jadi begitu intronya main biasanya aku langsung ganti lagu.

Mungkin ini agak berlebihan dan lebay di mata orang awam. Tapi aku tidak membuat-buat, aku hanya menuliskan semua perasaanku saat mendengarkan lagu-lagu itu. Dan sekarang rasanya jadi lega! senangnya!.

Bagiku semua kenangan itu adalah kenangan yang indah... terimakasih masa kecilku.

Dan terimakasih untuk kalian yang telah membaca artikel panjang ini dari awal sampai akhir. Apakah kalian juga merasakan perasaan yang sama? Apakah ada lagu yang kalian sukai? Silahkan tulis tanggapanmu di kotak komentar ya! terimakasih dan sampai jumpa!

Oleh : Ririan

JANGAN COPAS TANPA CR dari Blog ini!

10 komentar:

  1. Lagu ending fav saya di sini yaitu lagu ending Doremi, Trouble Chocolate (yang emang versi b.indonya bagus ngena menggalaukan banget), Super Gals!, Kindaichi (enak denger lagunya karena suasananya kerasa khas ditambah visual animenya juga berkesan manis), DNAngel (lagunya enak menenangkan dan kerasa unik buat saya tapi ada nyesek2nya di bagian reff/apa itu namanya, Rurouni Kenshin (bagi saya lagu it's gonna rain kedengeran enak irama/nadanya mengasyikkan buat didenger), Baby and Me (dulu sih pas ditayangin judulnya Baby and I, setuju banget itu lagu ngefeels abis bikin pengen nangis mana cerita di animenya juga gitu T_T ), dan yang terakhir, Popolocrois aaaaaa itu legend banget! Inget pas nonton anime itu dulu pas ditayangin di RCTI menjelang siang apa ya lupa, meski gak ngerti ama ceritanya soalnya gak begitu ngikutin tapi lagu2nya enak2 dan aaaaahhhh denger lagu endingnya ini bener2 bikin hati meleleh~

    Otsukaresama deshita~
    Makasih banyak udah bikin postingan ini, serius, makasih banyak!
    Saya suka kepikiran pengen bikin tulisan2 soal nostalgia tapi saya gak seniat dan sebagus kamu, makannya pas kamu nulis2 postingan nostalgia2 kayak gini saya merasa senang bisa terwakili dan nemu temen buat bernostalgia, aaaaaaaah nostalgiaaaa kangen masa2 itu, saya butuh mesin waktu rasanya sekarang :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks Hani, sudah berkomentar juga di artikel part 2.Ternyata kamu juga suka dengan lagu yg selalu kudengar, senangnya berasa ada temannya.

      Iya sama-sama, aku juga terimakasih banyak ya sudah membaca postingan ini dan berkomentar panjang. Aku senang kalau ada org bilang "senasib", punya pengalaman yang sama dengan apa yg kutulis di sini. Artinya aku tidak sia-sia menulis artikel ini, dan artikel ini jadi berguna utk org lain, walaupun itu hanya untuk sekedar bernostalgia, sekali lagi terimakasih :)

      Hapus
    2. Terima kasih kembali~ XD
      Btw Riri juga keren loh niat banget nyari2 terjemahan bahasa indonesia buat lagu2nya, saya jadi tau selama ini lagu yang saya dengerin menceritakan tentang apa, secara saya suka males nyari terjemahan lagu asing hehe jadi suka dengernya aja meski gak ngerti :))
      Yaaaay tentu saja kita teman, teman buat bernostalgia~ //apa

      Hapus
  2. Kak dulu pernah nonton nanami and friends ngga? Dulu diputer di tvri. Itu endingnya juga sedih 😒😒😒
    Btw klo yg di artikel ini yg paling membekas di aku endingnya doremi dan baby and I (ada lg satunya ending baby and I, sedih juga. Cuman lupa judulnya apa) 😁

    BalasHapus
  3. Eh ralat kak, judul anime yg di tvri kataku td itu tico and friends/tico of the seven seas. Nanami itu nama pemeran utamanya juga jd kecampur2 td. Maklum uda tua (?) Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. tau aku anime itu, tapi aku tidak mengikuti animenya...hahaha di tv ost nya sudah disulihsuarakan pake bhs indo kan

      Hapus
  4. Kak punya koleksi apa aja yang anime dubbing indonesia ???aku cuma punya digimon sama ghost at school.

    BalasHapus
  5. apa hubungan "Futari" dengan "na", "ri" dan "ta", mohon dijelaskan secara rinci apa maksudnya? πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

    BalasHapus
  6. Wah bagus banget artikelnya, jd ikut nostalgia bayangin animenya dan musiknya...jd pengen kembali k jaman dlu,hehehe... banyak lagu yg saya suka disini...dan memang itu nge-jleb banget πŸ˜€

    BalasHapus